Posted by : Unknown Senin, 07 September 2015


Di kantin kampus, senin, 09.25 WIB

“cepetan sini sih, jam 10 masuk, persentasi giliran kitaaaa....” kata Yuka ngomel ngomel di telepon. “iya, giliran kita hari ini, udah sih gausah banyak tanya kekampus aja sekarang, materi udah gua siapin, lu tinggal ngomong doang...” klik! Yuka menutup telepon dari Rizky teman sekelompoknya di salah satu mata kuliah.

“kenapa sih Ka...?” tanya Nyra santai.

“ngeselin banget nih si Rizky, udah ngerjain materi ga bantuin, sekarang mau persentasi malah masih nyantai nyantai dirumah, parah emang tu anak!!”

“wess... sabar sabar bro, minum dulu minum.” kata Mawan sambil menyodorkan segelas air, becanda.

“abisnya bete banget gua, ngapain sih mesti harus ada persentasi segala, ga efektif tau gini ginian tuh, mata kuliah kaya gini tuh ga bisa pake metode persentasi, meningan langsung dosennya aja yang jelasin.” kata Yuka yang masih sedikit emosi karna Rizky menghancurkan mood nya pagi ini.

“alah elu mah alesan aja, bagus kali persentasi, biar kita sama yang lain merhatiin, kan bosen kalo dosen mulu yang ngomong.” kata Nyra sambil memainkan sedotan di gelas jus alpukatnya.

“ya tapi kenyataannya ga gitu kan Ra... yang cuek ya cuek, yang merhatiin juga cuma beberapa orang doang, udah yah, gua duluan, mau siap siap, bye.” Yuka pun pergi duluan ke kelas.

 Nyra ngeliatin Yuka sampe Yuka ilang dari pandangannya, lalu Nyra mengembalikkan pandangannya seperti semula, sambil menggeleng gelengkan kepalanya.

“kenapa Ra....” tanya Mawan cuek seakan udah tau apa yang ada di pikiran Nyra.

“basi banget...” jawabnya singkat. “bosen gua denger dia ngeluh lagi, ngeluh lagi, yaa sebenernya bukan dia doang sih, yang lain juga, termasuk gua juga dulu gitu, tapi dulu, mana keluhan nya itu itu aja lagi, kalo ga mata kuliahnya susah, dosennya rese, gituu aja terus. Emangnya ngeluh itu nyelesain masalah?!”

“hha, jangan gitu lu, gua juga kan sering ngeluh kaya gitu, emang bete sih lama lama kuliah gini gini aja tuh, gua malah kaya ga ngikutin alur, kaya udah ketinggalan jauh aja gitu, susah Ra, mau dapet nilai atau IP gede tuh disini.”

“yaa lu jangan ngejar nilai lah...”

“realistis aja kali Ra, namanya sekolah tuh jaman sekarang ngejar nilai, usaha sih iya usaha, tapi toh kenyataannya usaha segede apapun juga, kalo ketemu dosen yang pelit nilai, kita bisa apa.” Mawan membenarkan posisi duduknya. “emang nilai kan yang nentuin kita lulus apa engga, dosen mana sih yang mau tau urusan kita, usaha kita, gua tau siapa aja anak kelas yang kalo ujian selalu googling, liat buku, nilainya gede kan? Iya karna dosen gatau itu hasil darimana, yang penting bener, udah, masalah selesai, realita nya gitu kan Ra, tapi ya lu tau sendiri gua lagi berusaha biar ga gitu terus...”

“iyalah, jangan Wan, mau sampe kapan, yaa elu bener sih, emang nilai itu yang nentuin, dan emang dosen pelit nilai itu ngeselin banget, tapi yaudahlah, bukan waktunya lagi nyalah nyalahin dosen mulu, udah cukup, ga bakal ada ujungnya, karna dosen itu ga pernah salah, realitanya gitukan Waaaaan...” kata Nyra mencoba membalikkan omongan Mawan. “biasain diri aja, kalo emang dosen itu bener, kita yang salah, dosen udah ngajarin, ngarahin, selanjutnya apa? Urusan kita kan, se salah salahnya dosen di mata gua itu, adalah Pak Doni, karna di semester lalu dia sama sekali ga ngajarin apa apa, kerjaannya cuma dateng, marah marah, pergi, gitu aja terus, kita dapet apa? Dapet omelan nya doang, tapi yang lain? Ngga kan, walaupun ada yang suka marah marah, tapi sadarin aja, dia marah juga gara gara siapa, kita! dan abis itu dia masih mau ngajar kan, jadi yaudahlah, ikutin aja...”

“ya buat lu sih gampang Ra, nilai lu gede mulu.”

“aduh plis deh Mawan... berenti bilang kaya gitu, bosen gua dengernya -_- lu pikir gua kaya gini pake cara instan? Otodidak gitu dari lahir gua bisa, ngga kan, pake usaha broooo...” kata Nyra teriak di kupingnya Mawan. “kan gua bilang, gua juga dulu gitu Wan, ngeluh mulu soal dosen, namanya udah biasa sekolah, serba gampang, lah ketemu dosen macem macem gini, siapa yang ga shock, tapi sekarang gini aja, kalo emang dosennya yang salah, kenapa ada orang yang di ajar dengan dosen yang sama, jalannya masih mulus mulus aja, sementara di sisi lain, kita, gagal... menurut looo???? Ya cukup sadarin aja lah kita yang salah, dan kita yang males.”

“iya Ra iya beneeeerr.... bener banget omongan lu maah, kaga ada jalan lain, paksain udeeehh... lagian juga kalo diliat liat, yang pada berhasil itu orang orang yang adem adem aja ngikutin alur, sedangkan mereka yang kebanyakan ngeluh itu idupnya di situ situ aja, kaga kemana mana...”

“beuh, kata kata lu Waaaan, dikit tapi kena banget... hahaha”



Satu lagi pemberian Nyra untuk Mawan, 3 kata yang selalu mengingatkannya, ‘jangan kebanyakan ngeluh’ ...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mawan's day - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -