Posted by : Unknown Senin, 07 September 2015

Hari yang melelahkan, sangat melelahkan bagi Mawan dan teman temannya, hari ini banyak sekali hal yang harus Mawan selesaikan, mulai dari tugas kuliah, baik tugas individu maupun kelompok, tugas organisasi nya, dan tugas tugas Mawan yang lain diluar kampus.
Waktu menunjukkan pukul 16.20 WIB, Mawan dan 2 orang lainnya masih berada dirumah salah satu temannya, Ghani, untuk mengerjakan tugas kelompok mereka yang pengumpulannya sudah terlambat 1 minggu dan beruntung masih diberikan toleransi waktu oleh dosen mereka.
di tengah tengah proses pengerjaan tugas,
“pada ngerjain apaan sih?” tanya Bang Iman, kaka pertama Ghani.
“tugas negara Bang, hehe....” jawab Mawan.
“cape ya, nikmatin aja namanya kuliah mah, udah lulus mah kangen... J
“iya bang, nikmat ko, nikmaat banget -_-” kata Adi, menambahkan.
“oiya Gan, katanya kemaren si Kevin abis dimarahin abis abisan sama si Boy, kenapa sih?” tanya Bang Iman
“si Kevinnya yang keterlaluan Bang,” jawab Ghani singkat.
Ghani adalah anak ketiga dari empat bersaudara yang semuanya terdiri dari laki laki, Mawan dan hampir semua teman sepermainannya sudah akrab dengan keluarganya Ghani, Bang Iman adalah kaka pertamanya, nama aslinya Firman, orangnya agak kalem dibandingkan adik adiknya dan baru saja menikah sekitar 6 bulan yang lalu, Boy adalah kakak keduanya, sikapnya dewasa dan sudah bagaikan orang tua kedua buat Ghani dan Kevin, dan Kevin adalah adiknya yang masih kelas 2 SMA, orangnya konyol, bandel, dan keras kepala nya yang tidak beda jauh dengan Ghani, dan, mereka berdua sering bahkan sangat sering bertengkar hanya karena hal hal sepele.
“keterlaluan kenapa?”
“kemaren tuh si Kevin bolos Bang sekolahnya, parah kan, gimana ga ngamuk lah si Abang...”
“hah? Bolos? Emang si Kevin se bandel itu sekarang?” Bang Iman kaget, begitupun juga Mawan, dan temannya yang lain yang sedikit banyak kenal Kevin itu kaya gimana orangnya.
“iya, dia bolos, di ajakkin sama temen barunya...” kata Ghani yang tidak terlalu antusias dengan percakapannya karna terlalu pusing dengan tugasnya.
“temen baru gimana sih? Udah kaya di sinetron aja si Kevin, anak labil yang kebawa pergaulan bebas gitu...” Bang Iman tertawa, diiringi semua yang berada di ruangan itu.
“iya temen barunya, sebenernya sih baru tuh karna baru akrab sekarang sekarang, tapi dia udah sekelas sama si Kevin dari kelas 1, Andri namanya...”
“udah kaya gitu doang si Boy sampe marah marah gitu? Kaya ga pernah bolos aja dia waktu sekolah dulu...”
“bukan gitu Bang, jadi Bang Boy itu emang sempet bilang ke si Kevin, kalo dia ga suka atau kurang sreg sama si Andri itu, karna dia tau dan kenal dikit dikit sama kakaknya, namanya Ardi, bandel banget Bang orangnya, bisa dibilang udah rusak lah, pergaulannya ga bener, berani ngelawan orang tua, malah yang lebih parahnya lagi, si Ardi pernah hampir mau pake narkoba, katanya sih hampir, tapi gatau sebenernya hampir apa emang udah make,”
“terus si Boy nyangka nya si Andri juga rusak kaya kakaknya, gitu maksudnya?” Bang Iman memotong.
“iyalah, dan mungkin udah kejadian juga kan, si Kevin mana pernah sih Bang bolos sekolah, ga pernah, Ghani hafal bandel bandelnya dia itu kaya apa, dia nya yang suka cerita, paling sepatu nya di razia karna ngelanggar aturan, rambutnya yang udah terlalu gondrong, dan paling masalah masalah standar doang macem ga ngumpulin tugas, udah kaya gitu doang, tapi kemaren dia berani bolos, dan itu sama si Andri, gimana ga marah marah si Abang...”
“emang pada tau darimana kalo dia bolos nya sama si Andri itu?”
“temennya si Abang tuh ngeliat si Kevin di jalan pas lagi jam sekolah, iseng iseng dia nanya Bang Boy, kok si Kevin ga sekolah, nah, otomatis lah si Kevin di interogasi pas nyampe rumah, pokoknya proses nya panjang banget sampe si Kevin bilang kalo si Andri juga ada di tempat kejadian, awalnya dia nutup nutupin gitu, karna pas dulu Bang Boy bilang ga sreg sama si Andri, si Kevin nyangkal, dia bilang si Andri tuh ga se parah kakanya. Tapi sekarang udah kaya gini, si Kevin cuma bisa diem kan...”
“tapi kan bisa aja otak permasalahannya bukan dia, bisa aja temen temennya yang lain, atau bisa aja kan si Kevinnya sendiri?” Bang Iman memang selalu bersikap dewasa, ia tak pernah membela yang salah, sekalipun itu adiknya sendiri.
“masalahnya, orang orang yang kemaren bolos itu adalah temen temennya si Kevin yang biasa, yang selama ini ga pernah sampe punya kelakuan kaya gitu, satu satunya orang baru disana ya cuma Andri, lagian setelah di paksa ngomong, si Kevinnya sendiri yang ngaku kalo emang si Andri yang ngajakin bolos,”
“jadi penasaran gua sama si Andri itu, bisa banget dia ngajakin anak orang jadi ga bener,”
“emang dasar si Kevinnya aja bang yang susah dibilangin, tau sendiri dia keras kepala nya kaya apa, gampang banget ke bawa pergaulan, udah aja padahal temenan tuh sama yang biasa biasa aja, atau sama yang agak bener dikit, biar kebawa, lah ini, udah salah, ngelawan pula...”
“sebenernya bukan itu masalahnya, si Kevin tuh masih terlalu bocah pikirannya, dia belum bisa ngambil pelajaran dari pergaulannya, wajar sih, namanya masih anak SMA, walaupun dia temenan sama yang baik, kalo dia nya ga niat untuk berubah, ga bakal ngaruh Gan, karna guna nya kenal sama orang yang lebih baik dari kita tuh, biar kita punya bandingan, kalo kita ga lebih baik dari mereka, jadi tetep harus belajar lagi, introspeksi lagi, terus aja ngerasa kurang baik,” Ghani Cuma ngangguk ngangguk sambil kadang kadang bilang iya.
“ada temen gua, cewe, kalo diliat liat pergaulannya agak rusak, temen temennya sering keluar malem, sama cowo udah kaya gaada batasan, dan 2 orang temennya akhirnya hamil diluar nikah, dan berenti kuliah, tapi si temen gua ini ngga, dia ga kebawa pergaulan, dia pacaran pun seadanya, jarang pulang malem malem, kuliah nya lancar, tapi lu liat kelakuannya dirumah, males malesan, ngomong sama keluarga nya sering pake nada tinggi, tempramen banget orangnya, nah itu, itu karna dia mungkin ngebandingin dirinya sama temen temennya yang jauh lebih buruk dari dia, dia ga hamil diluar nikah dan kuliah lancar itu udah cukup buat dia, tanpa mikir kalo sebenernya indikator baik itu bukan sekedar hal hal kaya gitu, bener ga?” Bang Iman memberi jeda
“iya Bang, bener...” kata Mawan.
“yaa ga usah jauh jauh, gua juga gitu dulu, atau sekarang contoh kecilnya liat aja si Boy, dulu dia bandel kan, kapan sih dia peduli keluarga? Peduli adik adiknya kaya sekarang, ibadahnya udah rajin, tapi solat subuh aja masih jam 7 kan, ya karna temen temennya aja malahan jarang banget solat, makanya dia mikir masih mending gua masih mau solat, pikiran kaya gitu tuh yang harus dibuang jauh jauh, sekarang makin gede makin dewasa kan kelakuannya, sampe bisa marah marahin si Kevin gitu, itu kan tandanya dia peduli sama adiknya sendiri, karna dia banyak belajar dari idup temen temen di sekitarnya, yang kena pergaulan bebas lah, ini lah, itu lah,”
“iya, Bang Boy juga pernah bilang sama Ghani, kalo dia mau ngurusin si Kevin tuh gara gara dulu dia elu yang urusin Bang...” Kata Ghani sambil menahan tawa.
“gua yang urusin? Gila kali gua ngurusin dia -_-“
“hahaha, yaudah sih Bang ngaku aja, Abang tuh peduli banget sama adik adiknya, makanya nurun sikapnya ke Bang Boy, Bang boy tuh belajar dari elu Bang... ceileeeeehhh, hahahaha” Ghani tertawa lepas melihat ekspresi Bang Iman yang terlihat malu malu.
“hahaha, si Abang mengayomi banget yah berarti, gua juga mau belajar dong Bang caranya ngurus adik... :D ” kata Aiman ikutan becanda.
Bang Iman cuma ketawa denger candaan dari Ghani dan teman temannya. Bagi Mawan, keluarga temen temennya ini punya keunikan masing masing, dan baginya, keluarga Ghani lah yang paling sering ngasih dia pelajaran, salah satunya itu, dan masih banyak yang lainnya, ada perasaan minder dalam diri Mawan pas Bang Iman ngomongin pergaulan yang baik itu yang kaya gimana, apakah Mawan dan temen temennya udah termasuk pergaulan yang baik buat Ghani?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mawan's day - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -