Posted by : Unknown Senin, 07 September 2015

“tumben lo pulang cepet Wan?” tanya Agung, teman satu kos nya.
“ogah lama lama dikampus” jawabnya singkat
“biasanya kan lo ogah dikosan, makanya kekampus, ko sekarang kebalik”
“yaaa, ogah sama orang orangnya Gung, bukan kampusnya.”
“kenapa lagi orang orang kampus lo...” tanya Agung santai
“heran aja gua sama mereka, ya ga mereka sih, beberapa orang, atau mungkin satu orang ini yang gua heranin.” Mawan menghela nafas. “kalo dibilang religius, ya bisa dibilang dia religius juga sih,”
“yaa terus? Lu heran kenapa dia religius?”
“ya bukan lah Gung, lu bisa serius dikit ga sih -_-“
“ya terus apaan dong :D”
“dia sering ngobrol sama gua soal agama, atau lebih tepatnya kepribadian kita secara islam lah, dia bilang cowo itu harus gini, cewe itu harus gini, gaboleh ini, gaboleh itu, bahkan dia sering banget bawa bawa sabda nabi, sunnah rasul, hadits hadist dan lain lain, tapi kelakuannya masih gitu gitu aja Gung.”
“gitu gitu aja gimana?”
“yaa gitu, solat nya aja masih sering ngulur ngulur waktu, gatau kenapa, buat gua, itu tuh udah jadi nilai minus aja buat dia, maksud gua, untuk orang yang omongannya udah sejauh hadist hadist sama sabda nabi, itu tuh sama sekali ga pantes kan, beda sama orang yang biasa aja, ketika mereka ga banyak ngomong soal agama dan kelakuannya pun biasa aja, yaa orang ga heran kali kenapa tu orang kaya gitu, tapi ini kan lain cerita,
“apalagi yang bikin gua makin heran, waktu gua nginep dirumahnya bareng temen kelas, padahal pas waktu solat magrib dia ngajak solat bareng, berjamaah, terus shalawatan, tapi lu tau besok subuhnya apa? Masa iya gua sama yang lain bangun duluan dari tuan rumahnya, sedangkan dia sendiri jam 6 baru bangun, solat, terus tidur lagi....
“kepikiran ga sih Gung apa yang ada di pikiran gua waktu itu..?”
“iya iya, omongannya jauh dari kelakuannya maksud lo?”
“nah, iya... maksud gua gini loh, ngga salah ko dia ngomong tentang agama sampe sejauh itu, ngga ada yang salah sama sekali soal itu, sah sah aja kalo emang dia paham soal agama, itu malah bagus, apalagi dia juga sempet ngebahas tentang syi’ar (baca : menyebarkan ajaran allah), ya itu bagus lah, positif banget.”
“tapi harus di imbangi sama kelakuannya....” potong Agung
“naaaahh.... itu.... bener banget, bukan berarti dengan gitu dia harus berenti ngobrol soal agama, bukan, tapi kelakuannya itu yang harusnya bisa dia imbangin sama apa yang dia omongin, gua bukannya so tau, atau ngerasa paling bener, cuma yaa... jangan sampe lah semua orang mandang dia kaya gitu, ga bagus keliatannya, apalagi nih ya, dia pernah sampe bilang kalo dia tuh belum siap mati, karna dosanya masih banyak banget, ga keitung, aduh aduh... ini si abang udah sampe sadar mati loh, tapi... yaaah, gitu lah”
itulah gunanya kaca, mau ngomong apa apa meningan ngaca dulu, gausah punya omongan selangit tapi kelakuan masih nihil, orang kan butuk action, bukan omongan... bener kaga?”
“yoi lah, meningan santai aja santaai, ga usah ketinggian dulu, mening introspeksi dulu, mulutnya di tahan duluu gitu... beuh, kata kata gua udah kaya orang bener, hahaha”
“tau lu, punya temen kaya gitu malah bikin lu jadi so bijak gitu sih, jijik amat gua liatnya, hahaha”
“ efek abis dengerin khotbah jum’at nih kaya gini.. :D”

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mawan's day - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -