Posted by : Unknown Senin, 07 September 2015

“laper gua Wan...” kata Bayu
“makan lah, pake ngomong...” celetuk Mawan
“ke kantin sebelah yuk,”
“ikut aja gua, paling minum doang, yuk Ra, kita ke kantin, eh, lu kan lagi puasa yaa..”
“yaudah sih gua ikut aja, kuat iman kok gua..” kata Nyra, teman dekat Mawan.
Nyra sedang membayar puasa nya yang bocor di bulan ramadhan tahun ini, hal yang wajar bagi seorang remaja putri. Mawan tau jelas, Nyra adalah cewe paling hemaaaaat yang dia kenal, alesannya simple, sebagai anak kos kaya Mawan, dia ga mau banyak ngerepotin keluarga nya, atau singkatnya, dia selalu bilang ’gua kan tau diri’ begitulah Nyra.
Tapi di sisi lain, Nyra adalah orang yang hobi banget makan, ga tau makanan apa yang dia ga suka, semuanya dia makan, tanpa pernah menjadi terlalu gemuk. Mawan aja heran gimana caranya hobi makan sama hemat itu bisa akur di hidupnya Nyra, entahlah.
“lu pada tau kan ini cafe baru? Ga mau coba menu nya? Murah murah ko, masih promo, eh, Ra, maaf yaa gua ga tau lo puasa.” kata Bayu
“iya iya tau, gua pesen minum aja, sorry yaa Ra.. hehe” timpal Mawan.
“santai aja sih, iman gua kuat, hahaha” jawabnya.
“gua tau, lu puasa gara gara lagi ngirit kan? So soan kuat lu.” kata Mawan becanda
“sialan lu Wan, orang ibadah malah dibilang ngirit, daripada elu kaga pernah puasa selain dibulan ramadhan...”
“eh sembarangan lo, emang puasa harus gua bilang bilang, cukup gua dan Allah SWT yang tau...”
“alay lo, jangan bikin puasa gua batal deh.”
“emang lu ngirit dalam rangka apa Ra? kalo lu mau beli makan buat buka, beli aja, gua bayarin deh.” tanya Bayu sambil milih makanan di daftar menu.
“hah? Elu lagi omongan ni orang di denger aja, hmm,ngga Bay makasih,gua punya makanan ko, kalo lu nanya gitu, ya irit tuh emang harus kali Bay, gua kan belum punya uang sendiri, apa apa masih dibayarin orang tua, kuliah, makan, uang jajan, semuanya lah, tau diri aja gitu... hehe”
“iya juga sih, gua juga kadang mikir gitu, tapi susah amat buat gua untuk irit, huuuh”
“di coba lah, jangan setiap kemauan lo, lo turutin, gua juga ga yakin sih elu bisa ngirit, hahaha, sorry becanda.”
“lu mah ga irit juga ga masalah Bay, uang jajan lu aja gede tiap harinya, kaya gaada tuntutan buat ngirit gitu ya??” kata Mawan.
“ngga gitu sih Wan, yaa bener kata Nyra tadi, intinya tuh tau diri, ini juga yang gua pake kan uang orang tua, bukan punya gua, tapi gua berusaha ngirit ko, hehe”
“iyalah, karna bagi orang belum berpenghasilan tuh, yaa semuanya uang orang tua, walaupun misalnya kita nyisihin dikit dikit, dimasukkin celengan, dan dibongkar, tetep aja pada dasarnya itu uang orang tua kan, Cuma kita aja yang ngumpulin, kasar kasarnya gitu lah.”
“dengerin tuh Bay, suara hati orang pinggiran... hahahaha” canda Mawan
“bisa aja sih nih orang pinggiran ngomongnya.” jawab Nyra.
“lu juga kan anak kos Wan, ga ngirit juga lu?” kata Bayu lagi.
“lagi belajar Bay, haha”
“emang yang biaya in lu kuliah bener bener full orang tua lu Ra?”
“ngga sih, om gua juga ikut bantu banyak, karna dia tuh peduli banget sama masa depan gua, istilahnya, gua minta apapun bakal dia kasih Bay, kaka gua satu satunya juga bantu dikit dikit, tapi ya ga maksimal, dia juga kan udah punya keluarga sendiri.”
“oh gitu, lumayan dong, lu punya om baik kaya gitu, kalo gua jadi elu....”
“tau diri Bay...” potong Nyra.
Nyra adalah salah satu guru besar bagi Mawan dalam hal pengiritan, kalo bisa dibilang orang paling juara dalam hal irit tuh, Nyra udah jadi juara bertahan dah, selama masih ada makanan yang bisa di makan di kosannya, dia ga bakal beli makanan lain, sekalipun itu cuma kerupuk sama nasi doang, itu cukup buat dia, dan cewe ini adalah pecinta hal yang bernama “gratis”, apapun yang gratis, dia ambil, walaupun dia ga butuh itu. Ga penting bagi Nyra untuk nyoba semua menu di cafe cafe baru dengan harga selangit cuma untuk ngikutin trend, apalagi sampe harus bayarin makan temen temennya kaya yang hampir Bayu lakuin tadi, baginya itu bukan pelit, cuma realistis, Nyra sadar kalo dia beda sama temen temennya yang lain, toh gaada yang nuntut dia untuk ngelakuin itu.
Baginya, tau tentang trend apa yang lagi hits, itu cukup, ga perlu maksain kaya temen temennya yang lain, ya walaupun kadang juga dia suka jajan jajan buat nyemil dikosan, tapi ga berlebihan, Nyra selalu sadar dia berdiri di posisinya itu untuk apa, dan berkat siapa, Nyra selalu ngedorong dirinya untuk hidup biasa biasa aja, jangan maksa,
Tau diri, tau diri dan tau diri, itu adalah dua kata yang paling sering Mawan denger dari mulutnya Nyra, dan semakin hari semakin Mawan kenal Nyra, Mawan bukan cuma terbiasa denger kata itu, tapi kini ia mulai terbiasa untuk
Tau diri...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mawan's day - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -