Posted by : Unknown Senin, 07 September 2015

Hari ini Mawan punya janji mau ketemu sama senior nya, Anggi namanya, atau biasa Mawan panggil ka Anggi. Mawan butuh beberapa berkas untuk ngerjain tugas kuliahnya, karna Anggi adalah senior satu jurusannya yang baru mau mulai nyusun skripsi, tapi karna masih banyak waktu senggang, Anggi ikut ajakan temennya untuk berpartisipasi dalam kegiatan bimbingan belajar setiap weekend yang sedang di rintis oleh ia dan teman temannya yang lain yang tergabung dalam komunitas mahasiswa keguruan, komunitas baru yang belum memiliki banyak anggota.
Anggi bukan anggota dari komunitas ini, simple, karna ia bukan merupakan mahasiswa keguruan, ia hanya semacam sukarelawan yang ingin mencari pengalaman dalam mengajar dan mencoba hal baru dalam hidupnya,
Karna jadwal pertemuan yang ditentukan Mawan kebetulan bentrok dengan jadwal mengajar Anggi, mereka pun terpaksa harus bertemu di lokasi bimbel tempat Anggi mengajar,
“emang tugasnya dikumpulin kapan Wan?” tanya Anggi sambil mencari cari berkas di laptopnya.
“minggu depan kak, sumbernya masih kurang, butuh banyak, hehe”
“santai aja ya Wan, ga buru buru kan? Soalnya gua harus nyiapain materi juga nih buat ngajar.”
“iya kak, santai aja, emang lu ngajar apa ka disini? Gua ga tau lu bisa ngajar? :D”
“hahaha, iyalah, gua kan bukan guru, tapi seenggaknya ngajar matematika anak 1 SMP doang mah bisa lah Wan, hehe..”
“oh gitu, betah ka ngajar disini? Sederhana banget yah..”
“betah ko, betah banget, seru tau, banyak pengalaman baru, secara ga langsung gua juga belajar disini, belajar banyak.”
“belajar banyak gimana?”
Di tengah tengah obrolan, muncullah seorang murid yang menemui Anggi untuk izin menyimpan hasil belajarnya di meja yang berada diruang dimana Anggi dan Mawan berada.
“maaf ka, mau nyimpen ini...” kata murid itu dengan setumpuk kertas ditangannya.
“oh, iya Dan, simpen aja, kenalin ini Mawan, temen saya, ini Zidan namanya Wan, salah satu murid disini.” kata Anggi memperkenalkan mereka satu sama lain. Mawan pun berjabat tangan dengan Zidan saling berkenalan, lalu, Zidan pun kembali ke kelasnya tanpa lupa mengucap salam.
“nah, dia salah satunya yang ngajarin gua satu hal Wan...” kata Anggi tiba tiba
“dia? Anak yang tadi? Belajar apaan dari dia? Emang dia guru juga disini?”
“aduuh, plis deh Wan, logis dikit kek kalo di ajak ngomong -_-”
“yaa terus gimana?”
“dia itu anak kelas 1 SMA, dia anak pinter Wan, bisa dibilang anak berprestasi lah, terus, dia juga atlet bola, maen bola nya jago, udah ikutan turnamen berkali kali dan tim nya sering menang, belom lagi dia pinter nyanyi sambil maen gitar, suaranya bagus banget lagi, yaa walaupun muka nya ga cakep cakep amat, tapi dia pinter, kritis, sopan, asik pula, nyaris sempurna Wan...”
“haaah? Segitunya kah kaaaaa??” kata Mawan datar
“iya bener, gua sih ga ngajar dia, temen gua yang ngajar dia, dan temen gua itu sering banget cerita tentang si Zidan ke gua, lu tau? Hampir semua guru cewe disini suka sama dia, parah kan? Kebayang ga kerennya kaya apa? Hahaha”
“yakali kak elu doyan anak SMA -_-”
“gua bukan naksir Wan, cuma kagum aja sama dia, yang gua maksud gua banyak belajar dari dia tuh, ko bisa sih dia tertarik sama bimbel ini? Padahal diluar sana masih banyak tempat bimbel yang menurut gua lebih layak buat dia, apalagi dia termasuk orang berada, yang gua tau, dia dari kecil nya emang udah kursus di (salah satu lembaga kursus terbaik dikota nya), ya terus ngapain lagi dia ikutan bimbel yang bener bener baru kaya gini, tenaga pengajar nya pun belum se profesional di tempat bimbel dia yang lain, iya kan?”
“iya sih bener, kasar kasarnya, namanya bimbel baru, asal usulnya aja belom jelas, ga ada sertifikasi guru, atau semacem itu lah,” kata Mawan. “tanyain dong kenapa dia mau belajar disini...”
“udah Wan, jawaban dia sederhana, katanya ngisi waktu luang selama weekend, coba lu bayangin, namanya orang pinter tuh punya waktu luang aja diisi pake belajar, lah kita? Pinter kaga, kerjaan maen mulu, bener ga?”
“iya sih...hehe”
“dia itu tipe orang haus ilmu gitu kayanya Wan, dia ga pernah ngerasa cukup sama apa yang udah dia punya, ga dia doang, di juga suka cerita soal temen temennya yang mirip mirip sama dia gitu pola pikirnya, hebat nya, yang gua liat, dia ga gampang terpengaruh pergaulan orangnya, buktinya dia rajin banget masuk bimbel, belum pernah absen, padahal kan weekend itu biasanya waktu maen yah, tapi dia lebih miih belajar, palingan kurangnya dia tuh, dia kurang bisa nyatu sama murid murid di kelas lain, kalo waktunya break dia suka keluar, entah nyari makan atau apa lah cuma sama temen temen deketnya doang,”
“semacam anti sosial?”
“bukan anti sosial juga, cuma mungkin orangnya pemalu atau semacam itu, kalo anti sosial itu lebih kaya menutup diri, kalo dia ngga, cuma yaa ketika ga kenal, yaudah ga kenal, tapi dia welcome kalo ada yang mau kenal atau temenan sama dia, gitu Wan...”
“sempurna amat kayanya tuh anak? Di tambah rajin solat rajin ngaji juga ga tuh? Kalo iya, beuh... nikahin aja kaa.... hahahaha”
“yah, kalo bukan brondong yaa udah gua nikahin Wan :p, nah itu dia yang gua gatau, gua belum pernah denger dia ngaji sih, kalo solat sih yaa sering, kalo emang iya kaya gitu, udah, sempurna dia, hmm, terus dia juga orangnya sopan, lu bisa liat kan tadi pas gua kenalin kalian berdua, sopan kan, dia ga pernah sombong, kata katanya ga pernah ninggi, alah.... gaada abisnya kalo udah ngomongin si Zidan, emang dasarnya dia berasal dari keluarga berpendidikan Wan, jadi dia pun udah terdidik dari kecil, ga secara akademis doang, tapi perilaku nya juga, hebat tuh orang tua nya bisa ngedidik dia sampe kaya gitu, ngebanggain banget...”
“iya, tapi orang tua berpendidikan juga ga ngejamin sih ka, banyak ko yang orang tuanya berpendidikan tinggi tapi anaknya ga karuan, lagian, dia juga pasti ada kekurangannya ka, yang lu gatau...”
“yaiyalah pasti, kan ini yang gua omongin yang bagus bagusnya doang, yang keliatan, daripada ngomongin jeleknya, dosa... hahaha
“sebenernya sih ga si Zidan doang, semua murid disini tuh secara ga langsung gua kagumin, alesannya juga sama, mereka mau luangin waktu weekend mereka buat belajar, gua sedikit banyak tau background pendidikan mereka masing masing, ga sedikit yang udah pada pinter, udah banyak prestasi, tapi mereka tetep ngehargain guru guru nya yang mungkin aja ga lebih pinter dari mereka, kadang kalo gua males ngajar, ngeliat antusias mereka untuk belajar jadi malu sendiri, berasa jadi pukulan keras aja buat gua...”

Zidan dan murid murid Anggi yang lain ngajarin Mawan hal baru, sebenernya bukan hal baru sih, dari mereka, Mawan belajar kalo jadi orang itu jangan pernah takabur, ini teori dasar kan, emang yang namanya takabur kapan sih pernah di bolehin, tapi, mereka semua itu adalah bukti nyata dari teori ini, layaknya Anggi, Mawan pun agak sedikit tercengang ternyata masih ada orang kaya gitu jaman sekarang, padahal sebenernya, orang kaya gitu itu banyak, cuma masalahnya memang Mawan jarang dipertemukan dengan orang semacam itu, yang tanpa disadari itu jadi hal yang bikin Mawan nyesel sampe sekarang, dia berasa ketinggalan jauh, Zidan udah sampe di tengah lintasan, sedangkan Mawan masih berada di garis start,
Denger cerita Anggi soal Zidan, Mawan berasa di tampar bolak balik kiri kanan, dia sadar, orang yang udah segala bisa aja masih nyari nyari ilmu, haus ilmu, sedangkan dia, yang biasa biasa aja, idupnya standar, skill dan akademisnya juga standar, masih aja males malesan dan cepet ngerasa puas. Ga di pungkirin, sempet terlintas di pikirannya Mawan, seandainya di tawarin untuk belajar di bimbel itu, dia ga bakal mau, karna yaa percis apa kata Anggi tadi, weekend itu waktunya maen, atau istirahat, belom lagi mungkin Mawan ragu sama kualitas guru gurunya yang masih berstatus mahasiswa bahkan sampe ada pikiran ‘buang buang duit aja...’ hmmmm
Namanya juga manusia, hobinya cari cari alesan, sok so an mikirin kualitas, tanpa ngaca kualitas dirinya sendiri kaya apa. Karna pada dasarnya, guru itu hanya bertugas untuk mengarahkan, guru cuma ngasih makanan, selanjutnya kita yang makan sendiri, bukan guru yang terus terusan nyuapin kita,
Jadi sebenernya, untuk orang orang dewasa kaya Mawan, kualitas guru itu sama sekali bukan urusan murid muridnya, karna Zidan dan murid murid Anggi yang lain membuktikan, kalau diri mereka sendiri udah berkualitas, ga perduli seburuk apapun gurunya, mereka bakal dapet ilmu yang mereka cari, sebaliknya, dengan guru sebagus apapun, kalau muridnya sendiri ga ada niat untuk nambah ilmu, semuanya bakal percuma, karna semua kembali lagi ke diri masing masing, punya niat untuk maju dan berubah, apa engga sama sekali?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mawan's day - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -